10 Aplikasi Editing Video Linux Terbaik Gratis Untuk Laptop

Linux menjadi sistem operasi yang rilis tahun 1991 lalu. OS ini menggunakan konsep open source sehingga dapat digunakan secara gratis oleh siapapun penggunanya. Di sistem operasi ini juga ada banyak varian yang bebas digunakan oleh setiap pengguna.

Pemakaian yang ringan dengan mengusung sistem keamanan yang sangat terjamin membuat pengguna Linux dapat menjalankan perangkat dengan aman dan sangat lancar.

Tidak sedikit pengguna yang memakai sistem operasi Linux untuk berbagai kebutuhan. Diantaranya, pengembangan website, pengolahan data dan yang paling simple untuk mendengar musik ataupun menonton vidio.

Mungkin selain masih bingung menentukan aplikasi editing vidio di linux anda juga bingung aplikasi pemutar musik sebaiknya bisa menggunakan VLC sebagai pilihan terbaik saat ini.

Aplikasi editing yang terdapat di Linux

Sistem operasi linux juga bisa digunakan untuk keperluan editing video seperti halnya di Windows dan MacOS. Ternyata, ada banyak pilihan aplikasi editing video di Linux yang dapat digunakan. Berikut beberapa aplikasi yang dimaksud:

1. Kdenlive

Kdenlive menjadi aplikasi editing video yang sangat fleksibel karena dapat digunakan di hampir semua sistem operasi. Diantaranya seperti Linux, Windows dan tentunya MacOS.

Mengingat sifatnya open sources, Kdenlive memungkinkan pengguna dapat menggunakan layanan secara gratis untuk berbagai keperluan. Termasuk editing video yang ingin pengguna lakukan.

Hanya melakukan instalasi Kdenlive APK pada perangkat Linux, pengguna dapat melakukan proses editing video dengan mudah dan praktis tanpa ribet. Tampilan aplikasi juga sederhana sehingga cocok digunakan semua pengguna.

Cara Instal Kdenlive di Ubuntu dan turunanya

sudo add-apt-repository ppa:kdenlive/kdenlive-stable
sudo apt update
sudo apt install kdenlive

2. Pitivi

Pitivi menjadi aplikasi editing video alternatif selanjutnya yang dapat digunakan di perangkat Linux. Tak jauh beda dengan sebelumnya, aplikasi ini dapat digunakan gratis di seluruh sistem operasi yang ada.

Fitur yang disematkan di aplikasi Pitivi juga tergolong lengkap. Diantaranya, pengguna dapat melakukan cut, drag dan copy dengan mudah dan tanpa ribet. Tampilannya yang sederhana juga membuat aplikasi bisa digunakan oleh seluruh pengguna.

Cara Instal Pitivi di Ubuntu dan turunanya

sudo add-apt-repository ppa:alexlarsson/flatpak
sudo apt update
sudo apt install --install-recommends flatpak
flatpak install --user http://flatpak.pitivi.org/pitivi.flatpakref
flatpak run org.pitivi.Pitivi

3. LiVES

Bagi yang kurang cocok dengan aplikasi di atas, ada juga aplikasi editing video Linux lain yang dapat digunakan. Aplikasi yang dimaksud adalah LiVES. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis sehingga siapapun dapat menggunakannya tanpa batas.

Dengan masuk ke website resmi LiVES dan menginstalasi aplikasi sesuai instruksi, pengguna dapat menggunakan LiVES untuk editing sesuai keinginan. Tenang saja karena aplikasi ini punya tampilan yang cukup sederhana.

Jadi, sangat cocok untuk pengguna Linux yang baru belajar editing video di sistem operasi ini. Fitur yang ada di aplikasi juga tergolong lengkap sehingga editing menjadi semakin menyenangkan dan mudah.

Cara Instal LiVES di Ubuntu dan turunanya

sudo add-apt-repository ppa:ubuntuhandbook1/lives
sudo apt update
sudo apt install lives lives-plugins

4. Flowblade

Flowblade menjadi aplikasi editing video Linux selanjutnya yang dapat digunakan. Sama dengan sebelumnya, pengguna dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis.

Dengan mendownload aplikasi ini, pengguna dapat menikmati banyak fitur unggulan yang hanya disediakan di Flowblade. Fitur yang lengkap dari aplikasi juga memungkinkan pengguna dapat mengedit video dengan baik.

Baru belajar editing video di Linux? Tak usah khawatir karena aplikasi ini mempunyai tampilan yang sederhana sehingga gampang dipahami oleh siapapun penggunanya.

Cara Instal Flowblade di Ubuntu dan turunanya

sudo apt-get update -y
sudo apt-get install -y flowblade

5. Lightworks

Lightworks menjadi aplikasi editing video selanjutnya yang dapat digunakan untuk pengguna perangkat Linux. Beda dengan aplikasi yang telah dijelaskan sebelumnya, aplikasi ini termasuk berbayar karena premium.

Jadi, sebelum menggunakan aplikasi, pengguna harus membeli lisensi aplikasi terlebih dahulu. Lightworks mempunyai banyak fitur unggulan yang membuat pengguna semakin nyaman saat editing.

Fitur yang ada di aplikasi ini juga memungkinkan pengguna dapat melakukan editing dengan berjalan cepat. Bagi yang awam, ada panduan khusus mengenai fitur dan tools di aplikasi. Jadi, pengguna tetap bisa melakukan editing dengan sempurna.

Cara Instal Lightworks di Ubuntu dan turunanya

sudo apt update && sudo apt install wget
wget https://cdn.lwks.com/releases/2022.1.1/lightworks_2022.1.1_r132185.deb

6. Shotcut

Shotcut menjadi salah satu aplikasi editing video Linux terbaik yang sering digunakan di berbagai perangkat bersistem operasi Linux.

Aplikasi ini mempunyai cara pemakaian yang sangat mudah sehingga tidak membuat penggunanya jadi bingung. Aplikasi juga punya tampilan sederhana yang membuat pengguna dapat melakukan editing video dengan sangat mudah.

Cara Instal Shotcut di Ubuntu dan turunanya

sudo apt install libsdl2-dev
sudo add-apt-repository ppa:haraldhv/shotcut
sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade
sudo apt install shotcut

7. Avidemux

Avidemux memungkinkan pengguna dapat melakukan editing berbagai macam video dengan mudah sesuai keinginan. Avidemux merupakan aplikasi editing video yang dapat digunakan secara gratis.

Untuk mendownload dan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa langsung masuk ke halaman resmi Avidemux terlebih dahulu. Ada banyak fitur unggulan yang dapat pengguna nikmati di aplikasi ini.

Dengan tampilan yang sangat sederhana membuat banyak pengguna jadi tidak bingung ketika melakukan editing video di aplikasi ini.

Cara Instal Avidemux di Ubuntu dan turunanya

sudo add-apt-repository ppa:ubuntuhandbook1/avidemux
sudo apt update
sudo apt install avidemux2.7-qt5 avidemux2.7-plugins-qt5 avidemux2.7-jobs-qt5

8. Cinelerra

Cinelerra menjadi aplikasi editing video Linux selanjutnya yang dapat digunakan. Aplikasi populer ini dapat digunakan secara gratis sehingga pengguna tidak perlu menambah budget.

Untuk menggunakan aplikasi juga tergolong sangat mudah karena cukup masuk ke laman resmi Cinelerra saja. Selanjutnya,  ikuti instruksi yang sudah ada. Jika aplikasi sudah terdownload dan terinstall di perangkat Linux, Cinelerra dapat digunakan untuk editing video.

Cara Instal Cinelerra di Ubuntu dan turunanya

sudo add-apt-repository ppa:cinelerra-ppa/ppa
sudo apt update
sudo apt install cinelerra-cv -y

9. OpenShot

Openshot menjadi aplikasi editing video Linux selanjutnya yang dapat digunakan. Aplikasi ini support dengan sistem operasi Linux berbasis Python.

Tentunya, pengguna dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis. Sebelum itu, download terlebih dahulu aplikasinya di website resmi Open Shot.

Aplikasi populer ini menyuguhkan banyak sekali fitur unggulan yang membuatnya beda dengan aplikasi lain. Intinya, pengguna dapat melakukan editing video dengan mudah dan cepat memakai Openshot.

Cara Instal OpenShot di Ubuntu dan turunanya

sudo add-apt-repository ppa:openshot.developers/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install openshot-qt

10. Vivia

Vivia merupakan aplikasi editing video untuk sistem operasi Linux yang dapat digunakan secara gratis. Dengan instal Vivia di perangkat BNN Linux yang kamu gunakan, pengguna dapat melakukan editing video dengan mudah dan cepat tanpa batas.

Ada banyak fitur unggulan yang disematkan di Vivia sehingga menjamin proses editing menjadi lebih maksimal. Belum lagi, aplikasi ini mempunyai tampilan sederhana sehingga sangat cocok untuk setiap pengguna

Menggunakan aplikasi editing hideo Linux di ayas membuat hasil video menjadi sempurna dan unik. Menurutmu, mana aplikasi di atas yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk melakukan editing video?

Artikel Terkait

Leave a Comment