7 Aplikasi Webinar FreePremium Terbaik untuk Seminar Online-mu

Zaman semakin maju, seminar pun tak perlu lagi diadakan tatap muka. Pemilik seminar atau rumah kursus sekarang bisa memulai aktivitasnya lewat webinar. Iya, webinar merupakan video streaming yang dilakukan dengan satu host yang mengendalikan kemudian diikuti oleh banyak orang. Webinar jadi tren  ketika ada korona masuk ke Indonesia.

Tren ini kemudian menyasar ke sekolahan. Bahkan hingga dua tahun berlalu, webinar masih menjadi idola bagi sebagian pengajar untuk melakukan pengajaran kepada para siswanya. Selama ini kita hanya kenal Zoom untuk webinar, padahal ada banyak aplikasi selain Zoom. Penasaran? Mari kita simak selengkapnya.

Aplikasi Webinar Gratis

Pada dasarnya semua aplikasi ini bisa kamu dapatkan dengan gratis. Tapi ada beberapa fitur yang bisa kamu nikmati hanya jika upgrade ke versi pro. Mari kita simak selanjutnya.

1. Google Webinar

Ada Google Hangout dan Google Meet. Keduanya free 100% dan bisa kamu dapatkan hanya dengan modal akun gmail saja. Karena keduanya terintegrasi dengan Gmail account. Nah, cara pakainya juga mudah sekali karena antarmukanya juga mudah dipahami.

2. GoToWebinar

Mampu menampung 3500 peserta. Kabarnya aplikasi ini bisa kamu dapatkan free juga. Ngga perlu upgrade apalagi bayar. Di Indonesia memang tidak begitu populer karena jarang dipakai kecuali oleh para pebisnis online saja.

3. ClickMetting

Dengan versi berbayar kamu bisa menarik peserta sampai 100 an orang. Kalau tidak berbayar Cuma 30-an orang. Nah, aplikasi ini cukup populer di Indonesia bahkan bisa dibilang nomor tiga setelah Google, Zoom dan semisalnya. Harga paket paling murah Cuma 372 ribuan saja.

4. Livestorm

Mau bikin e-course? Coba pakai aplikasi satu ini. Dia menjadikan course kamu semakin elegan dan semakin menarik. Kabar baiknya untuk menikmati layanan peserta di bawah 100 orang, dia masih free. Kecuali kalau pengen peserta di atas 100 kamu harus bayar.

5. Demio

Ada dua versi, yakni gratis dan uji coba. Sama dengan zoom dan lainnya, jika ingin memakai layanan dengan peserta banyak kamu harus pakai versi berbayar. Kalau mau yang simpel saja, misalnya peserta 10 -20 versi trial sudah mencukupi banget.

6. Zoom

Paling populer di Indonesia. Entah sejak kapan, tapi sekarang persepsi orang kalau webinar, ya, pakai zoom. Zoom menawarkan dua versi, berbayar dan free. Kalau versi free selain peserta terbatas kamu juga hanya punya durasi 45 menit saja. Setelah itu akan close otomatis.

7. EZTalk Webinar

Paling populer di dunia internasional saat ini. Selain ada layanan HD video, dia juga memiliki banyak layanan menarik lainnya. Harga paketnya murah banget. Ini bisa jadi alternatif selain Zoom.

Nah, sampai di sini sudah paham, kan, apa saja aplikasi webinar? Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua. Selamat mengadakan webinar, kawan. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang.

Artikel Terkait

Leave a Comment