10 Aplikasi Pemutar Musik Linux Terbaik di PC dan Laptop

Mendengarkan musik saat senggang menjadi hiburan tersendiri. Untungnya, saat ini banyak aplikasi musik yang bisa digunakan. Tentu, masing-masing aplikasi musik tersebut punya kelebihan dan keunggulannya.

Seluruh aplikasi yang di sebutkan dibawah ini sudah di coba di Linux Ubuntu, Linux Mint dan Debian. Untuk pengguna Kali Linux, mohon maaf belum ada kesempatan mencoba di Kali Linux.

Aplikasi Pemutar Musik Untuk Laptop Linux

Bagi pengguna Linux, ada beberapa aplikasi pemutar musik yang dapat digunakan untuk memutar musik sesuai kebutuhan. Langsung saja, simak aplikasi pemutar musiknya berikut ini :

1. Banshee

Cara instal Banshee di Linux Ubuntu beserta turunannya

sudo apt-get update
sudo apt-get install banshee

Banshee merupakan pemutar media lintas platform yang saat ini sering digunakan. Aplikasi ini dapat digunakan untuk Linux, Mac OS X dan juga Windows. Di dalam aplikasi ini, kamu bisa melakukan audio, podcast, video, radio internet hingga menyalin DVD.

Banshee juga mendukung alat pemutar media portabel. Diantaranya seperti Android, iPhone, iPod hingga pemutar ZEN. Di aplikasi ini, pengguna bisa memutar musik dari berbagai media online.

Contohnya seperti Amazon, Last.fm dan Miro Guide. Aplikasi juga punya tampilan sederhana dan interaktif sehingga sangat gampang dipahami oleh siapapun penggunanya.

2. VLC

Cara instal VLC di Linux Ubuntu beserta turunannya

sudo apt-get update
sudo apt-get install vlc

VLC merupakan alat pemutar media lintas platform yang saat ini paling terkenal di dunia. Sebenarnya, VLC sering digunakan untuk memutar video. Lebih jauh, ternyata aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memutar musik.

Ada banyak fitur yang bisa dinikmati di aplikasi ini. Diantaranya, pengguna dapat mengatur koleksi musik sesuai dengan keinginan. Sayangnya, VLC memiliki tampilan yang agak monoton dan membosankan sehingga kurang cocok untuk beberapa pengguna.

Meski begitu, di aplikasi ini kamu tetap bsia menikmati banyak sekali fitur standar pemutar musik. Juga ada koleksi codec multimedia terluas yang membuat pengguna dapat memutar format audio populer.

Di dalam aplikasi ini juga ada pengaturan tambahan yang dapat digunakan untuk filter audio ataupun efek. Tersedia banyak sekali plugin yang bisa diunduh agar pengalaman menggunakan aplikasi ini menjadi bagus.

Di aplikasi ini, pengguna juga bisa mendengar media online. Diantaranya seperti radio internet hingga podcast yang mencakup fitur pencarian.

3. Rhythmbox

Cara instal Rhythmbox di Linux Ubuntu beserta turunannya

sudo apt-get update
sudo apt-get install rhythmbox

Rhythmbox merupakan aplikasi pemutar musik Linux yang saat ini paling banyak digunakan. Biasanya, aplikasi ini digunakan bersamaan dengan Gnome Desktop Environment yang juga sangat populer itu.

Aplikasi populer ini mempunyai interface yang sangat sederhana sehingga gampang dipahami oleh siapapun penggunanya. Aplikasi secara otomatis mengisi file musik pada folder musik yang pengguna gunakan.

Selain itu, pengguna juga bisa mengimpor musik maupun daftar putar dari folder lain agar Rhythmbox dapat melihatnya. Aplikasi juga mendukung podcast dan radio internet dengan kualitas yang terjamin.

Aplikasi juga mendukung layanan pihak ketiga diantaranya seperti Libre (.) Fm dan juga Last (.) Fm. Aplikasi berbayar ini termasuk salah satu aplikasi terbaik sehingga jangan sampai terlewat untuk bantuan mendengarkan musik.

4. Amarok

Cara instal Amarok di Linux Ubuntu beserta turunannya

sudo apt-get update
sudo apt-get install amarok

Aplikasi musik default dari KDE ini sudah ada lebih dari 10 tahun. Amarok termasuk salah satu aplikasi pemutar musik yang saat ini paling banyak digunakan Linux. Aplikasi mempunyai tampilan standar yang cukup unik dan berbeda dengan aplikasi pemutar audio lain.

Meski begitu, aplikasi cukup mudah dikonfigurasi sehingga penggunanya bisa melakukan pengeditan dengan mudah. Pengeditan ini tentunya membuat aplikasi bisa seperti yang pengguna inginkan.

Amarok mempunyai banyak plugin menarik yang bisa digunakan secara gratis di internet. Bahkan di dalam aplikasi ini juga ada Wikipedia yang telah terintegrasi sehingga mampu menampilkan lirik lagu dan artis dengan sangat baik.

Menariknya, integrasi dengan KDE juga cukup besar. Inilah yang membuat aplikasi dapat memutar musik dengan baik serta dapat menjalankan KDE dengan sempurna.

5. Gnome Music

Cara instal Gnome Music di Linux Ubuntu beserta turunannya

sudo apt-get update
sudo apt-get install gnome-music

Gnome Music merupakan aplikasi pemutar musik yang tergolong baru dibanding aplikasi lainnya. Aplikasi ini dirancang untuk Desktop Gnome sehingga kualitasnya memang tidak diragukan lagi.

Aplikasi menawarkan pengalaman pemutaran musik secara minimalis dengan hadirnya fitur dasar. Secara acak, aplikasi ini mampu menunjukkan sampul album (jika tersedia) untuk file musik.

Untuk memudahkan pengguna, di dalam aplikasi juga ada tab untuk artis, daftar putar hingga lagu. Ada juga daftar putar khusus yang ditentukan sesuai frekuensi pemutaran musik ataupun musik yang baru ditambahkan.

Bagi yang sedang membutuhkan aplikasi pemutar musik Linux terbaik, ringan dan sederhana, Gnome Music bisa menjadi pilihan terbaik. Coba saja dan buktikan pengalaman terbaik dengan aplikasi ini.

6. Cmus

Cara instal Cmus Music di Linux Ubuntu beserta turunannya

sudo apt-get update
sudo apt-get install cmus

Selanjutnya adalah Cmus yang menjadi salah satu aplikasi pemutar musik yang berbasis terminal. Cmus merupakan aplikasi berbasis konsol satu-satunya di antara aplikasi lain yang ada di internet.

Meski begitu, kamu tidak usah khawatir karena ada banyak fitur terbaik yang dapat kamu temukan di sini.  Aplikasi sudah mendukung format audio umum, diantaranya MP3, MPEG, OGG, WMA, WAV, FLAC dan banyak lainnya.

Cmus juga mendukung streaming online lewat Shoutcast atau Lastcast. Menariknya, aplikasi ini memiliki pengaturan yang sangat cepat sehingga tidak akan menyulitkan siapapun penggunanya. 

7. Audacious

Cara instal Audacious di Linux Ubuntu beserta turunannya

sudo apt-get update
sudo apt install audacious audacious-plugins

Audacious merupakan aplikasi pemutar musik ringan dan sederhana yang dilengkapi dengan berbagai opsi dasar pemutar musik. Sayangnya, aplikasi ini hanya dapat memainkan musik yang telah diunduh di hard drive.

Artinya, aplikasi tidak dapat mendukung streaming online seperti aplikasi lain yang ada di internet. Aplikasi ini memungkinkan pengguna dapat mengimpor musik ke pemutar dengan mudah.

Juga memungkinkan pengguna dapat mengintegrasikannya dengan desktop populer seperti Gnome maupun Cinnamon. Aplikasi ini punya ukuran ringan sehingga cocok digunakan untuk berbagai perangkat.

8. Clementine

Cara instal Clementine di Linux Ubuntu beserta turunannya

sudo apt-get update
sudo apt-get install clementine

Clementine merupakan fork Amarok 1.4 namun dengan dependensi yang lebih sedikit. Aplikasi juga sangat ideal untuk perangkat yang memiliki ukuran RAM ringan.

Fitur yang ada di aplikasi ini juga hampir sama dengan aplikasi pemutar musik lainnya. Namun, aplikasi juga mempunyai dukungan besar untuk berbagai media online populer.

Diantaranya seperti Sky (.) FM, SoundCloud, Jazzradio hingga Spotify. Juga support dengan berbagai layanan penyimpanan cloud. Contohnya seperti Onedrive, Kotak dan juga Google Drive.

Bagi pengguna aplikasi tingkat lanjut, aplikasi pemutar musik ini dapat digunakan untuk mengubah konversi trek audio ke dalam format MP4,  OGG, MP3, (Flac, Vorbis, atau Opus), WMA, FLAC dan WAV.

9. DeaDBeef

Cara instal DeaDBeef di Linux Ubuntu beserta turunannya

sudo add-apt-repository ppa:alexey-smirnov/deadbeef
sudo apt-get update
sudo apt-get install deadbeef

DeaDBeef menjadi aplikasi pemutar musik Linux yang saat ini cukup solid karena tidak ada ketergantungan dengan Gnome atau KDE. Aplikasi juga mendukung format audio populer, diantaranya seperti MP3, M4A, OGG, FLAC dan masih banyak lainnya.

Di aplikasi ini, pengguna juga bisa memutar musik dari CD ataupun juga menambahkan streaming podcast berformat MP3 atau AAC dengan sangat mudah. Ada banyak fitur yang dapat pengguna temukan di sini.

Diantaranya seperti daftar putar yang bisa disesuaikan, dukungan plugin yang beragam, editor metadata hingga kontrol pemutaran baris perintah yang sangat lengkap.

Aplikasi juga punya tampilan sederhana sehingga tidak membuat pemain jadi bingung. Sangat cocok untuk pengguna pemula

10. Lollypop

Cara instal Lollypop di Linux Ubuntu beserta turunannya

sudo add-apt-repository ppa:gnumdk/gnuppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install lollypop

Aplikasi pemutar musik terakhir yang dapat digunakan adalah Lollypop. Aplikasi ini hampir mirip seperti Gnome Music Yan sudah dibahas sebelumnya. Bisa dibilang jika aplikasi ini termasuk masih baru.

Ada banyak fitur dasar pemutar musik yang dapat kamu temukan di sini. Aplikasi juga punya banyak fungsi. Diantaranya, bisa melakukan pemutaran musik dalam format MP3, Flac dan OGG dengan sangat baik.

Aplikasi juga bisa mengunduh sampul album untuk keperluan file musik. Tersedia juga fitur mode pesta yang memudahkan pengguna untuk memutar musik. Aplikasi juga dilengkapi dengan fitur pencarian untuk memudahkan pengguna saat mencari musik tertentu.

Kesimpulan

Aplikasi pemutar musik Linux memang ada banyak dengan kelebihan dan daya tarik masing-masing. Oleh karena itu, pengguna harus menyesuaikannya dengan kebutuhan terlebih dahulu.

Namun secara pribadi wahanatekno lebih nyaman menggunakan VLC sebagai aplikasi pemutar musik untuk laptop linux gratis mengingat segala fiturnya lengkap seperti aplikasi berbayar.

Artikel Terkait

Leave a Comment